PELATIHAN SERTIFIKASI PERANCANGAN DENGAN FUSION 360 BAGI MAHASISWA

PELATIHAN SERTIFIKASI PERANCANGAN DENGN FUSION360 BAGI MAHASISWA

Untuk memenuhi tuntutan industry akan sertifikasi bagi lulusan jenjang Diploma, jurusan mesin menyelenggarakan pelatihan sertifikasi bagi mahasiswa D-III. Tujuan utamanya adalah terbitnya surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) bagi lulusan. Pelatihan yang diberikan adalah membuat gambar desain dengan software Fusion 360.

Nara sumber pelatihan adalah Bapak Muhammad Mahfud Rifadil, S.T., M.T. dari 3DS Surabaya dengan proctor (auditor) pelatihan Bapak Dwi Gatot Saputro. Pak Fadil – panggilan akrab pelatihan ini – sehari-harinya adalah dosen tetap di PENS Surabaya dan sedang diperbantukan sebagai Wadir I di Politeknik Madura. Peserta pelatihan sebanyak 18 mahasiswa setelah melalui seleksi dari 50 pendaftar, semuanya dari program studi Diploma III Teknik Mesin Unej.

Materi pelatihan mulai dari dasar-dasar pengoperasian Fusion 360 dari user interface, modeling approach, create parts 3D modeling, drawing creating dan rendering. Setelah lolos tahap dasar peserta mendapat dua tugas besar. Pertama, menggambar komponen mesin minimum lima belas parts. Kedua, mernggambar mesin uap yang terdiri 40 parts. Alhamdulillah semua peserta lulus pelatihan ini dan mendapatkan Certificate of Project Completion.

 

(Pewarta: M Darsin)