Study Excursie Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember

Berdasarkan ketentuan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember yang berisi tentang agenda tahunan kegiatan Study Excursie maka dilaksanakanlah kegiatan tersebut yang bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa mesin terhadap gambaran dunia kerja ke depan.

foto bersama di House Of Sampoerna Surabaya

Pemberangkatan Peserta Study Excursie dimulai pada tanggal 5 Desember pukul 02.00 WIB dari Universitas Jember dengan jumlah peserta sebanyak 114 mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin angkatan 2016 dan 3 mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Mesin dan 2 orang Dosen pendamping. Tujuan awal pemberangkatan yaitu House Of Sampoerna Surabaya dan sebelum sampai disana para peserta SE 2017 berhenti di rumah makan Koki Kita di Kota Sidoarjo pada pukul 07.00  untuk sarapan pagi. Kemudian perjalanan dilanjutkan dan sampailah peserta SE2017 di House of Sampoerna sekitar pukul 10.30 WIB dan sesampainya disana para peserta langsung disambut oleh tour guide dari pihak Huse of sampoerna sendiri untuk kemudian diajak berkeliling dan mengetahui berbagai hal mulai dari sejarah hingga kondisi terkini dari House of sampoerna tersebut. Setelah selesai pada pukul sekitar 12.30 WIB peserta meninggalkan tempat dan kemudian menuju Monumen Kapal Selam Surabaya dan tiba disana pada pukul 13.30 WIB. Sesampainya disanapun para peserta juga disambut oleh Tour guide untuk berkeliling disana sampai pukul 15.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan menuju Tempat Penginapan yaitu ASrama Haji Sukolilo dan para peserta sampai di sana pada pukul 16.00 dan para peserta pun menuju kamar masing-masing untuk beristirahat.

foto bersama di PT. Bromosteel Indonesia

kegitan PT. Bromosteel Indonesia

Keesokan harinya perjalanan dimulai pada pukul 06.15 WIB berangkat dari Asrama Haji Sukolilo menuju PT. Bromosteel Indonesia yang berada di daerah Kota Pasuruan. Sesampainya disana pada pukul 08.30 para peserta disambut oleh pihak sekretariat  Dari PT. Bromosteel Indonesia untuk kemudian mendapat pengarahan dari Bapak Sugiono selaku kepala bagian Kesekretariatan. Setelah peserta mendapat pengarahan kemudian peserta dibagi menjadi 13 kelompok yang terdiri dari 8 sampai 9 orang untuk kemudian berkeliing bersama masing-masing pendamping yaitu para pekerja dari pihak PT.  Bromosteel itu sendiryang sebelumnya telah disiapkan oleh pihak perusahaan. Para peserta berkeliling bersama pendamping masing-masing hingga selesai pada pukul 11.30 WIB dan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cindera mata dari pihak Himpunan Mahasiswa Mesin kepada pihak perusahaan. Kemudian peserta meninggalkan perusahaan pada pukul 12.00 WIB dan berangkat menuju Jember. Pada pukul 12.45 peserta berhenti di RM H. soleh untuk makan siang sampai pada pukul 13.30 dan kemudian perjalanan dilanjutkan hingga sampai kembali ke Universitas Jember pada pukul   16.30 dan para peserta pun pulang ke rumah masing-masing.